Selasa, 04 Oktober 2011

Info Wisata: Gunung Bromo

Gunung Bromo, merupakan objek wisata yang sudah sering kita dengar dan mungkin anda juga sudah mengunjunginya. Terletak di Provinsi Jawa Timur, gunung ini termasuk dalam kategori gunung yang masih aktif. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). 

Untuk mencapai ke lokasi Gunung Bromo terdapat beberapa alternatif jalur, antara lain dari Pasuruan-Warung Dowo-Tosari-Wonokitri-Gunung Bromo menggunakan mobil dengan jarak 71 km, Malang-Tumpang-Gubuk Klakah-Jemplang-Gunung Bromo menggunakan mobil dengan jarak 53 km, dan Jemplang-Ranu Pani-Ranu Kumbolo, 16 km. Atau dari Malang-Purwodadi-Nongkojajar-Tosari-Wonokitri-Penanjakan sekitar 83 km. Dari Malang ke Ranu Pani menggunakan mobil sekitar 70 menit, yang dilanjutkan berjalan kaki ke Puncak Semeru sekitar 13 jam.

Disana kita juga dapat menyewa mobil jeep yang disediakan oleh penduduk sekitar dengan tarif yang telah ditentukan. Anda tidak perlu khawatir karena tarif diantara pemilik jeep sudah seragam. Jeep akan mengantarkan kita untuk menuju ke lokasi Pananjakan dimana lokasi ini merupakan spot yang tepat untuk melihat matahari terbit di pagi hari. Jadi kami sarankan anda agar dapat sampai di sana sebelum matahari terbit. Di Pananjakan ini kita dapat juga menikmati keindahan pemandangan dari Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Setelah puas menyaksikan matahari terbit, kita langsung diantar menuju ke Gunung Bromo dengan menggunakan jeep tadi melewati lautan pasir yang luas. Setelah itu kita dapat menyewa kuda dari masyarakat untuk menuju ke anak tangga pendakian Gunung Bromo. Tarif penyewaan kuda ini sekitar Rp 70.000. Atau kita juga dapat memilih untuk berjalan kaki untuk menuju ke anak tangga tadi. Sesampainya kita di ujung anak tangga, kita masih harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga untuk dapat melihat langsung kawah Gunung Bromo. Di puncak Gunung Bromo yang tingginya 2.392 m dari permukaan laut, kita dapat melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Pemandangan sekeliling dari atas juga tidak kalah indahnya, sebuah lautan pasir dengan Pura ditengah-tengahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar