Kamis, 29 September 2011

Info Jakarta: Peluncuran Feeder Busway



Mulai kemarin siang telah hadir satu jenis sarana transportasi baru dijalanan Ibu Kota. Namun sarana tersebut tidak sama sekali asing lagi, melainkan suatu feeder dari sarana transportasi yang sudah ada saat ini, yaitu transjakarta atau masyarakat lebih sering menyebutkan dengan Busway. Feeder Busway diresmikan kemarin siang oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang kini melayani tiga rute dengan tarif sebesar Rp 6.500. Lho kenapa lebih mahal? Jawabannya adalah karena feeder busway ini berbeda dengan feeder-feeder lainnya yang sudah terlebih dahulu ada. Feeder Busway yang satu ini langsung terintegrasi secara fisik dengan jalur busway, dengan kata lain penumpang langsung dapat turun di halte busway. Selain itu ternyata dari jumlah tarif yang dikenakan sudah terintegrasi dengan harga tiket bus transjakarta, sehingga dari tarif Rp 6.500 tersebut dapat dirinci sebesar Rp 3.000 untuk tiket bus feeder dan Rp 3.500 untuk tiket bus transjakarta. 


Tiga rute yang dilayani oleh feeder busway ini adalah  rute 1 Sentra Primer Barat-Daan Mogot, rute 2 Tanahabang-Balaikota dan rute 3 Sudirman Central Bisnis Distrik (SCBD)-Senayan. Total armada yang akan beroperasi untuk tiga rute tersebut ada sebanyak 15 armada. Dengan rincian 6 armada di rute 1, sebanyak 4 armada di rute 2 dan 5 armada untuk rute 3.

Untuk kapasitas, bus feeder dapat mengangkut 20 penumpang duduk dan 15 penumpang berdiri. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan akses penumpang dari tempat-tempat yang dilalui jalur busway menjadi semakin mudah dan cepat untuk dapat menuju ke halte bus transjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar